Daerah

Launching Aplikasi SIPEKA TETULUNG


TULUNGAGUNG,MediaAwas РMenindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Kabupaten Tulungagung telah mengembangkan Aplikasi SIPEKA TETULUNG atau Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan Terintegrasi Tulungagung. Aplikasi ini diresmikan langsung oleh Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., dalam acara bertajuk Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Hotel Crown Victoria Tulungagung Rabu, (07/12/2022).

Launching aplikasi SIPEKA TETULUNG ditandai dengan pemencetan tombol handscreen oleh Bupati Tulungagung bersama Wakil Bupati Tulungagung, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Kepala bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Jawa Timur, Plt. Kepala Bappeda Tulungagaung, serta Ketua TP PKK Tulungagung.

Sistem Informasi yang sudah terintegrasi dengan data penduduk tingkat kemiskinan ekstrem di Tulungagung ini diharapkan dapat membantu instansi pemerintah maupun BUMD yang memiliki program yang menunjang penurunan kemiskinan di Tulungagung dapat lebih tepat sasaran dan tepat guna sehingga dapat meningkatkan efektivitas kinerja program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tulungagung.

Ketua TKPK Tulungagung, Wabup Gatut Sunu Wibowo menjelaskan dalam pelaksanaan strategi penghapusan kemiskinan ekstrem yang mana meskipun menghadapi beberapa kendala, namun dengan koordinasi yang harmonis di TKPK, secara umum berbagai strategi tersebut dapat dilakukan dengan baik.

Patut disyukuri, dengan kerja keras semua perangkat daerah, BPS mencatat angka kemiskinan tahun 2022 di Tulungagung turun menjadi 6,71 persen dari sebelumnya 7,51 persen pada tahun 2021. Selain itu, tingkat kemiskinan ektrem di Tulungagung berada pada angka 0 % pada tahun 2022 ini.

Pada kesempatan ini diresmikan pula Bantuan Biaya Personil Peserta Didik Kurang Mampu berupa uang tunai yang diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan siswa/siswi SD/MI, SMP/Mts.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *